MEMBACA CEPAT EBOOK

Membaca cepat merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai untuk memahami isi bacaan secara cepat sehingga menjadi salah satu. Speed reading: sistem membaca cepat dan efektif / Soedarso Indeks Page: eks. Information: xv, hlm.: il.; 24 cm eks. 1. MEMBACA. I. Judul. View membaca-cepat-power-point from MANAGEMENT at Batam International University. MEMBACA CEPAT Harindhi.


MEMBACA CEPAT EBOOK

Author: Amie Collier
Country: Saint Lucia
Language: English
Genre: Education
Published: 10 February 2016
Pages: 381
PDF File Size: 26.66 Mb
ePub File Size: 1.65 Mb
ISBN: 121-2-29609-305-1
Downloads: 42211
Price: Free
Uploader: Amie Collier

MEMBACA CEPAT EBOOK


Imam Agus Basuki, M. Membaca cepat merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai untuk memahami isi bacaan secara cepat sehingga menjadi salah satu kegiatan penting dalam pembelajaran.

Pembelajaran membaca cepat kelas X SMK bertujuan agar siswa mampu membaca teks bacaan dengan cepat dan memahami isi bacaan secara cepat dan tepat. Salah satu strategi pembelajaran membaca yang digunakan oleh guru belum membaca cepat pada pembelajaran membaca cepat.

Akibatnya, siswa kurang aktif, kurang kreatif, bahkan membaca cepat tertarik pada pembelajaran membaca.

Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kecepatan membaca siswa. Strategi ini merupakan rangkaian latihan mempercepat gerak mata, memperluas jangkauan membaca cepat, mengurangi regresi, dan mengembangkan skemata.

MEMBACA CEPAT EBOOK

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Data penelitian berupa hasil tes, hasil membaca cepat, hasil angket siswa, catatan lapangan, dokumentasi, dan observasi.

Books like Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif

Rancangan penelitian inidisusun dalam satuan siklus, terdiri atas persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, analisis, dan refleksi. Hasil refleksi pada setiap siklus sebagai perbaikan pada siklus berikutnya.

Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 membaca cepat yang pada tahap pelaksanaanya berkalaborasi peneliti dengan pengamat observer. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dan nontes.

Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik diskriptif kuantitatif membaca cepat teknik diskriptif kualitatif. Hasilpenelitianmenujukkan bahwa kecepatan membaca cepat mengalami peningkatan seginifikan. Kecepatan membaca meliputi kecepatan membaca kata per menit dan kecepatan efektif membaca.

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa rata-rata kecepatan membaca kata per menit adalah ,8 kpm meningkat menjadi,1kpm pada siklus 1 danmeningkatlagi menjadi ,4kpm pada siklus 2.

Selanjutnya, hasil kecepatan efektif membaca siswa pada hasil studi pendahuluan menunjukkan rata-rata ,3 kpm meningkat menjadi ,7 kpm pada siklus 1 dan mengalami peningkatan lagi menjadi ,1 kpm pada siklus 2.

Print Version

Hasil pemahaman siswa terhadap isi bacaan mengalami peningkatan yang segnifikan. Selanjutnya, pada proses pembelajaran juga mengalami peningkatan, baik peningkatan hasil persentasemaupun peningkatan proses pembelajaran di membaca cepat.

MEMBACA CEPAT EBOOK

Selanjutnya, peningkatan proses pembelajaran membaca cepat, pada studi pendahuluan diketahui bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran masih kurang dan guru pun tidak menggunakan strategi untuk meningkatkan kecepatan efektif membaca.

Pada Siklus 1 terjadi peningkatan proses membaca cepat menggunakan Srategi Membaca cepat dan media walaupun siswa masih melakukan penghambatan kecepatan membaca, tetapi keaktifan siswa meningkat.

Pada Siklus 2 terjadi peningkatan berupa modifikasi latihan untuk lebih meningkatkan kecepatan membaca dan penggunaan alat bantu mampu mengurangi kebiasaan penghambat kecepatan membaca siswa.

Books similar to Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif

Peningkatan ini terjadi pada kecepatan efektif membaca, pemahaman siswa membaca cepat isi bacaan, dan peningkatan proses pembelajaran membaca cepat di kelas. Perencanaan pembelajaran membaca cepat dengan Strategi P2KRKS disusun secara baik dan cermat dan pelaksanaan pembelajarannya pun secara efektif dan efisien.

Hasilnya, siswa membaca cepat percaya diri ketika menjawab pertanyaan karena siswa sudah memahamai pola Strategi P2KRKS dengan mempercepat gerak mata, memperluas jangkauan pandangan mata, tidak terjadi regresi pada saat membaca, dan skemata siswa terus dikembangkan sehingga siswa dapat menyerap informasi bacaan secara otomatis, mempunyai pemetaan pikiran yang baik, serta secara tidak langsung siswa melakukan kegiatan membaca secara cepat dan baik.